1 Comment

Perlu Pengaturan Dini Transportasi Umum


Sarana transportasi umum adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat umum, tidak terkecuali itu rakyat miskin maupun rakyat yang hidup dalam serba berkecukupan sekalipun. Kebutuhan akan sarana transportasi umum yang efektif, efesien, bersih, nyaman dan aman adalah suatu dambaan bagi semua masyarakat. Untuk mewujudkan sarana transportasi yang demikian maka manajemen transportasi perlu dilakukan sejak dini, terutama mengenai manajamen sistim transportasi secara terpadu.

Setiap pemerintahan pusat dan daerah harus mampu mengelola sistim transportasi umum yang efektif, efesien, bersih, nyaman dan aman sejak dini. Pengaturan dan pengelolaan sistim transportasi yang buruk dan tidak terencana nantinya dipastikan akan menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan masyaraka sekitar, baik itu bagi pengguna transportasi umum dan pengguna transportasi pribadi, pengguna jalan umum lainnya, serta juga akan berdampak buruk pula bagi masyarakat sekitar.

Contoh manajemen sistim transportasi yang kurang tertata dengan baik adalah yang terdapat di Jakarta. Lihat saja kondisi kota jakarta yang sekilas tampak tertata dengan rapi ini, jalan-jalanan di Jakarta banyak yang menjadi titik macet setiap waktu, kemacetan yang cukup parah ini bahkan juga sampai pada jalan tol (jalan bebas hambatan) yang seharusnya bebas dari macet. Buruknya sistim transportasi ini dimulai dengan kurang adanya perhatian pejabat terkait dalam mengutamakan fasilitas penggunaan sistim transportasi umum, akibatnya masyarakat sekitar enggan untuk naik kendaraan umum karena kotor, terlalu lama ngetem, tidak efektif, tidak aman dan tentu saja tidak ada rasa nyaman, sehingga masyarakat berlomba-lomba untuk memiliki kendaraan pribadi. Akibat kecenderungan masyarakat yang terus berusaha untuk memiliki kendaran pribadi, menyebabkan jumlah kendaraan pribadi bertambah pesat, sedangkan pelebaran dan perbaikan fasilitas jalan tidak mampu menampung itu semua. Maka dalam beberapa tahun kemudian, macet menjadi sesuatu yang tidak dapat dihindari, kemacetan yang semakin parah menyebabkan para pengguna jalan semakin tidak tertib.

Untuk itu, pemerintahan harus mampu untuk berpikir lebih jauh kedepan, bagaimana kota ini dirancang sedemikian rupa untuk menjadi kota besar di kemudian kelak. dua hal yang perlu mendapat perhatian serius dalam sistim transportasi umum ini adalah adalah:

  • Jalur dan rute transportasi

Jalur dan rute transportasi yang terencana dengan baik akan sangat berpengaruh dalam keefektifan transportasi, terutama mengenai efesiensi waktu dan keteraturan. Jalur-jalur transportasi yang lebar (akan lebih baik jika minimal memiliki dua lajur dalam satu jalan), serta diikuti dengan drainase yang baik dan pohon-pohon di sisi jalannya. Begitu juga dengan pengaturan rute transportasi umum yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar.

  • Jenis Transportasi yang digunakan

Jenis transportasi yang digunakan tentunya adalah transportasi yang sesuai dengan kondisi alam di wilayah yang bersangkutan, secara garis besar transportasi itu terbagi dalam transportasi darat, laut dan udara.  Namun untuk jenis transportasi darat saja masih ada berbagai macam jenis, misalnya Kereta Diesel atau kereta listrik, bus, dan angkutan umum lainnya!  masing masing memiliki kelebih dan kekurangan tersendiri.

Dengan adanya pengaturan sistim transportasi secara dini, maka permasalahan-permasalahan yang akan muncul di kemudian dalam sistim transportasi dapat dikurangi seminimal mungkin, sehingga setiap masyarakat akan lebih merasa nyaman dengan penggunaan transportasi umum, yang secara tidak langsung juga ikut mengurangi polusi udara.

One comment on “Perlu Pengaturan Dini Transportasi Umum

  1. Info yang menarik nih Bos. klo bisa di lengkapi infonya, akan lebih bagus lagi. Di tunggu kunjungan balasannya ya. Mo melanjutkan blogwalking lagi. Salam Hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: