Leave a comment

Yulrizal Bahrain: IPM Pasbar Peringkat 16 di Sumbar


Ditulis oleh Mingguan BAKINNews   
Selasa, 13 Desember 2011 03:39

Pasaman Barat (Sumbar), BAKINNews—Berdasarkan hasil data Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat, angka Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pasbar berada diperingkat 16 dari 19 Kabupaten/Kota di Sumbar. Sedang tingkat Nasional IPM Kabupaten Pasbar berada pada tingkat 302 dari 440 Kab/Kota di Indonesia.

Dari hasil pendataan program perlindungan sosial angka harapan hidup di Kabupaten Pasbar berada pada angka 64,62 persen. Angka tersebut masih dibawah rata-rata angka harapan hidup Provinsi Sumatera Barat yang mencapai 69,00 persen. Ini berarti menunjukkan masyarakat Kabupaten Pasbar masih berada dibawah garis kemiskinan.

Demikian diungkap Sekretaris Daerah Pasbar, Drs. Yulizar Bahrain dihadapan anggota DPRD Pasbar dan Kepala PNPM Provinsi Sumatera Barat, hari ini. Disebutkannya, Kabupaten Pasbar masih memiliki persoalan kemiskinan dan pengangguran. Kemiskinan didaerah Pasbar terlihat dari beberapa pendekatan yakni kemiskinan alamiah dan kemiskinan struktural.

Sedang untuk pengangguran dipicu oleh rendahnya SDM dan peluang kerja bagi angkatan kerja yang ada dipelosok nagari. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat Kabupaten Pasbar, utamanya yang masih berada dibawah garis kemiskinan masih sangat membutuhkan perhatian dan penanganan khusus dari semua pihak.

“Untuk penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pasbar, termasuk PNPM Mandiri Perdesaan masih sangat diperlukan didaerah ini,” ungkap Yulizar. Untuk itu lanjutnya, Pemkab Pasbar berkomitmen mewujudkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) sesuai sasaran millenium Development Goals Tahun 2015 dalam memberdayakan masyarakat yang sejahtera serta mempercepat penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pasbar.

“Mari kita dukung kegiatan pelaksanaan PNPM-MP ini, karena tanpa adanya dukungan dari semua pihak, stakeholder juga seluruh SKPD terkait, mustahil pogram ini akan dapat terwujudkan dengan baik. Program PNPM-MP yang dilakukan ini, hendaknya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harap Yulrizal Bahrain, demikian sumbar online. BIN Gatot/Bo2l

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: