Leave a comment

Harga Jagung Melejit


Jumat, 06 Januari 2012 03:08

PASBAR, HALUAN — Petani jagung di Pasaman Barat kini boleh gembira.  Pasalnya harga jagung mulai melejit naik.  Dari sebelumnya berkisar dari angka Rp1.700 per kg sekarang sudah naik menjadi Rp2.000 per kg. Bahkan kalau dijual ke luar Sumbar bisa harga di atas Rp2000.

“Mulai membaiknya harga beli jagung di Pasbar ini hanya baru dalam sepekan ini, yang sebelumnya para petani jagung kurang bersemangat dengan harga yang rendah yakni sampai  dengan Rp1400 per kilonya, tapi sekarang sudah mencapai angka Rp2000 per kg,” kata Endi  (40) , salah seorang petani jagung  di Simpang Ampek, Pasaman Barat  pada Haluan, Rabu (4/1).

Ketika ditanya tentang prospek harga jagung di masa depan, ia menyebut bisnis berkebun jagung ke depan cukup menjanjikan.

Dengan kenaikan harga jagung seperti ini, membuat para petani jagung di Kabupaten Pasbar bisa tersenyum lebar. Harga  jagung pipilan di tingkat petani sekarang ini mencapai Rp2100 per kilonya.

Sedangkan, untuk harga jual jagung ke luar Pasbar mencapai di atas Rp2000 per kg.

“Rata-rata para toke jagung dikabupaten Pasbar ini,  menjual jagung pipilan ke daerah Paya­kumbuh dan Padang. Dalam satu minggunya biasanya saya , bisa menjual jagung pipilan itu sebanyak 20 ton.”ungkapnya.

Secara terpisah petani ja­gung di Kecamatan Kinali Pasbar,  Syafruddin (45) menga­takan, dengan naiknya harga beli jagung juga mempengaruhi harga bibit jagung juga meng­alami kenaikan, seperti bibit jagung merek Pioneer P 21 dan P-23 yang sebelumnya satu kantong hanya seharga Rp250.000 per kantong sekarang naik menjadi Rp285 ribu per kantongnya, dalam satu kantung bibit itu beratnya sebanyak 5 kilogram.

Petani jagung di Kecamatan Talamau, memang dalam satu minggu ini harga jagung menga­lami kenaikan, seperti jagung tongkol yang sebelumnya Rp1800 sekarang naik menjadi Rp2.000 per kg.

Kadis Dispertaholnak Pas­bar,  Ir Johnniwar ketika ditanya Haluan menyebutkan, harga jagung pipilan sudah mulai merangkak naik. Kenaikan ini tentu membuat petani jagung Pasbar bahagia.

“Kami akan terus memantau setiap hari tentang kondisi harga jagung dan sejumlah bahan pokok lainnya di Pasbar. Mudah-mudahan harga jagung tetap bertahan, kalau harga jagung naik maka petani akan senang.  Sehingga Pasbar sebagai peng­hasil jagung terbesar di Sumbar bisa merasakan kebahagian itu,” katanya. (h/nir).

Sumber: Haluan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: