Leave a comment

BAZ Pasbar Salurkan Rp418 Juta pada Mustahik


Kamis, 12 Januari 2012 – 11:58:56 WIB

PASAMAN BARAT, SOBadan Amil Zakat (BAZ) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) telah menyalurkan sedikitnya Rp 418,8 juta dana kepada   yang berhak menerimanya (mustahik) dengan jumlah penerima sebanyak 653 orang. Bantuan tersebut telah dikeluarkan oleh BAZ Pasbar terhitung dari 5 Oktober sampai 30 Desember 2011.
Ketua BAZ Kabupaten Pasbar, Drs H.Nahruddin Lubis, SH, MA menyatakan itu keitka dilangsungkan penyerahan Zakat, Infak, Sedekah pengurus BAZ  Pasbar di aula Kantor Bupati Pasbar.
Disebutkannya, sesuai Motto, “BAZ Kabupaten Pasbar meringankan masalah umat”, maka peran BAZ Pasbar sangat dibutuhkan sekali dalam upaya meringankan beban saudara kita. BAZ Pasbar akan berupaya semaksimal mungkin mengelola zakat dengan profesional menuju Pasbar lebih baik. Hal itu sesuai UU Nomor 38 Tahun 1999 tentang Zakat.
Dijelaskannya, dana BAZ yang telah dikeluarkan itu telah dilaksanakan melalui berbagai program diantaranya BAZ Pasaman Barat Cerdas dengan menyalurkan beasiswa pada siswa, SD, SMP, SMA dan mahasiswa yang membutuhkan. Program Pasaman Sejahtera dengan memberikan bantuan kepada keluarga miskin berupa modal kerja dengan usaha ekonomi produktif.
Selanjutnya, Program Pasaman Peduli berupa bantuan bedah rumah, orang terlantar dan bencana alam. Program Pasaman Barat Iman dan Taqwa yaitu bantuan untuk mualaf, guru mengaji, panti asuhan.
Sedangkan program Pasaman Sehat dengan membantu fakir miskin untuk pengobatan. “Sebagian besar program itu telah kita laksanakan dan kita salurkan kepada yang berhak menerimanya,” ujar Nahruddin.
Untuk program tahun  2012 ini, lanjut Nahruddin akan dilaksanakan bedah rumah miskin per nagari dengan alokasi bantuan sebesar Rp25.000.000, bantuan insentif  guru mengaji TPA/MDA sebesar Rp500.000/guru, Bantuan beasiswa Tahzil Al Qur’an bagi Pondok Pesantren dengan alokasi bantuan Rp50.000.000, bantuan usaha dana bergulir disetiap kecamatan, bantuan produktif ternak kambing sebanyak 4 ekor untuk 1 orang pernagari, serta bantuan pembukaan lahan perkebunan.
Sementara untuk tahun 2011, keuangan dana Zakat infak dan sedekah yang terkumpul melalui BAZ Pasbar mencapai Rp 3.584.151.852 untuk penerimaan dengan pengeluaran Rp 1.831.760.147, dan saldo sekarang Rp1.752.391.705, ucap Ketua BAZ Pasbar ini.
Dilaporkan : Gatot
Sumber: sumbaronline

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: