Leave a comment

Massa Stop Aktivitas Pabrik


Padang Ekspres • Senin, 06/02/2012 09:52 WIB

Pasbar, Padek—Kelompok Tani (Keltan) Tahap II Tanjung Pangkal, Nagari Lingkuangaua, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), kembali mendemo pabrik PT GMP, Sabtu (4/2) lalu. Tak hanya berdemonstrasi, para demonstran juga menghentikan aktivitas pabrik PT GMP.
Aksi demo ini salah satu bentuk ketidakpuasan Keltan Tanjung Pangkal terhadap perusahaan, yang mengklaim lahan seluas 200 hektare milik Keltan Tanjung Pangkal, milik perusahaan.
Dengan mengusung berbagai spanduk salah satunya bertuliskan “Sitorus CS Kembalikan Hak Kami”, massa menuntut manajemen perusahaan segera mengembalikan hak-hak petani.
Selain menghentikan aktivitas pabrik, massa juga melakukan aksi pemblokiran jalan dengan menggunakan batu serta kendaraan roda 2 yang diparkir di pintu masuk PT GMP. Aksi demonstrasi ini mendapat pengawalan ketat aparat Polres Pasbar.
Ketua KSU Niat Bersama Tanjuang Pangkal, Zarmi Efendi didampingi koordiantor lapangan, Ujang Aminuddin, 40, mengatakan, penghentian aktivitas pabrik ini puncak dari aksi massa sebelumnya yang mana lebih dari 10 hari massa menduduki lahan sawit di fase IV yang diklaim milik PT GMP.
“Sampai saat ini, tuntutan kami belum juga dikabulkan oleh perusahaan. Padahal sudah jelas, lahan seluas 200 ha itu milik Keltan Tanjung Pangkal. Karena tidak digubris, kami terpaksa menghentikan akvititas perusahaan hingga mereka menyerahkan lahan itu.

Pihak perusahaan harus menghentikan segala kegiatan di atas tanah ulayat hak ninik mamak yang bukan milik perusahaan,”  tegasnya. (rm/roy)

 

Sumber: Padang Ekspres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: