Leave a comment

Parkir Liar di PN Pasbar


Pasbar, Padek—Parkir liar mulai merambah fasilitas negara. Di halaman Kantor Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), juru parkir terang-terangan memungut biaya parkir bagi pengunjung. Tindakan itu membuat pengunjung resah.
Maulana Altas, 33, warga Pasaman Baru mengatakan, memungut biaya parkir  di halaman kantor pemerintah dianggap illegal. Dia kesal oleh juru parkir yang seenaknya meminta uang parkir di fasilitas negara.

“Dipungut seribu. Ya, karena sudah ada kupon parkir warna merah, pakai nomor, saya pun menyerahkan Rp 1.000,” kata Altas kepada Padang Ekspres, Jumat, kemarin.
Kejadian itu dialaminya Kamis (16/2) lalu. Begitu juga Andi, 27, warga Simpangampek, mengeluhkan parkir liar di halaman kantor PN.
“Baru saja turun dari motor, langsung menyodorkan nomor parkir. Saat mau pulang, dia langsung minta uang parkir Rp 1.000,” tukasnya.
“Saya terkejut mendengar petugas parkir mengatakan biaya parkir tersebut atas kebijakan PN setempat. Masak iya fasilitas negara boleh untuk itu?” ujar Andi.

Humas PN Pasbar, Arizal Anwar ketika dikonfirmsi Padang Ekspres, membenarkan pungutan parkir di pekarangan Kantor PN setempat. “Ya, memang ada biaya parkir Rp 1.000 untuk roda dua dan Rp 2.000 untuk roda empat. Itu kita terapkan karena selama ini parkir semrawut,” kata Arizal.

Kebijakan itu dilakukan atas kesepakatan seluruh pegawai PN Pasbar pada suatu pertemuan. Petugas parkir dibutuhkan untuk menata kendaraan pengunjung PN.  “Uangnya itu diberikan kepada juru parkir sebagai honornya, dan tidak ada mengalir untuk pribadi,” katanya.

Ketua LSM Forum Pemuda Perintis (Format) Pasbar, Eldoni Tanjung menilai biaya parkir di PN Pasbar keliru karena kantor PN fasilitas negara. “Kalau memang agar rapi  dan tertib, sah saja ditunjuk  petugas. Tapi jangan diminta biaya parkir kepada pengunjung,” ujarnya.
“Untuk siapa sesungguhnya uang itu terkumpul nanti, apa memang benar untuk honor petugas?” tandas Eldoni Tanjung, bertanya. (*)

Sumber: Padek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: