Leave a comment

Mantan Kepala Bidang Diknas Jadi Tersangka


Pasaman Barat, Pasbar – Setelah dilakukan pemeriksaan secara maraton, akhirnya, mantan Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kabupaten Pasasaman Barat Iqbal ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Simpang Empat, Selasa (21/2/2012).

Dia tersandung dalam kasus pungli terhadap guru-guru SD yang juga mahasiswa Universitas Bung Hatta (UBH) kerjasama Dinas Pendidikan Pasbar sebesar Rp100 juta.

“Selain itu, kita juga menetapkan Safrida seorang guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Kinali sebagai tersangka,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Simpang Ampek, Herry, SH didampingi Kasi Pidana Khusus (Pidsus), Erman Syafrudianto, SH kepada wartawan, Selasa di ruang kerjanya.

Dijelaskan, kedua tersangka tersangkut kasus dugaan pemerasan terhadap puluhan guru SD yang merupakan mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang. Meski demikian, pihak kejaksaan akan terus memeriksa sejumlah saksi untuk mengungkap lebih jauh dugaan korupsi tersebut.

Menurutnya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 12 f UU nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. Kedua tersangka diancam dengan penjara minimal 4 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

“Jumlah korban pemerasan oleh kedua tersangka sebanyak 75 orang dan mereka termasuk menjadi saksi. Total saksi yang akan diperiksa sebanyak 80 orang lebih termasuk pihak dari Universitas Bung Hatta Padang. Jumlah kerugian puluhan guru ini sekitar Rp100 juta lebih,”kata Erman.

Seperti yang pernah diberitakan, kedua tersangka telah menjalani pemeriksaan bersama Mantan Kepala Dinas Pendidikan, Hendri Satriawan dan mantan Sekretaris Dinas Pendidikan, Ramli serta 6 orang guru yang menjadi korban pemerasan oleh Ikbal.

Adapun keenam guru itu masing berinisial “D”,”NR”,P”,”HG”,”NE” dan “DL”, para guru yang melaporkan kasus dugaan pemerasan itu sudah dipanggil dan juga sudah minta keterangan masing dari mereka.

Para guru tersebut telah dipanggil dan periksa untuk menguatkan tentang laporan mereka yang sebelumnya telah dilaporkan ke Kejari Simpang Ampek.

Dalam kasus pemerasan ini, mantan Kabid Dikdas Disdik Pasaman Barat Ikbal dalam melancarkan aksinya lebih kepada menyalahgunakan jabatannya untuk memeras para korban.

Disebutkan pihak kejaksaan sudah meterima beberapa bukti dari para guru yakni, berupa rekaman video penyerahan uang dan lainya. Kita akan terus menyelidiki dan memanggil pihak-pihak terkait seputar kasus tersebut.  – [gus]

 

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: