Leave a comment

Polres Pasaman Barat tahan tersangka pembalak liar


Simpang Ampek, Sumbar (ANTARA News) – Satuan Reserse Kriminal Polres Pasaman Barat Sumatera Barat sudah menahan ML yang menjadi tersangka kasus dugaan pembalakan liar dengan barang-bukti sebanyak 9 kubik kayu jenis rimba campuran yang berhasil diamankan polisi pada Senin (5/3).

“Setelah diperiksa, akhirnya kita tetapkan ML sebagai tersangka dan langsung kita tahan untuk penyelidikan lebih jauh. Berdasarkan hasil keterangan dari tim ahli Dinas Kehutanan Pasaman Barat maka kayu yang dibawanya tidak memiliki surat-surat yang sah,” kata Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat Iptu Burrahim Boer, Selasa.

Ia menjelaskan, dari hasil keterangan tim ahli kehutanan, surat kepemilikan yang diperlihatkan tersangka sebelumnya tidak sah. Kayu itu tidak berasal dari hutan rakyat, tetapi diduga berasal dari hutan lindung. Untuk itu, tersangka ditahan dan akan diperiksa lebih jauh.

“Kita menduga kayu itu merupakan hasil pembalakan liar dan akan diproses lebih jauh. Kita akan terus memberantas praktik pembalakan liar karena sangat membahayakan masyarakat,” katanya.

Untuk sementara barang bukti kayu serta satu unit truk dengan nomor polisi BA 8311 SU yang digunakan membawa kayu tersebut diamankan di Polres Pasaman Barat. Tersangka dijerat dengan Pasal 50 ayat 3 huruf h, Jo pasal 78 ayat 7 degan ancaman lima tahun penjara.

Jajaran Polres Pasaman Barat menyita 9 kubik kayu jenis rimba campuran di Jalan Umum Jorong Mangonang Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur, Senin (5/3) sekitar pukul 01.00 WIB.

Kayu itu diamankan setelah ada laporan dari masyarakat tentang seringnya pada kawasan Sungai Aur itu tempat keluarnya kayu. Diduga kayu itu adalah hasil pembalakan liar.

Setelah mendapat imformasi dari warga, jajaran Polres Pasaman Barat melakukan pengecekan ke lapangan dan informasi dari warga selama ini terbukti.

Petugas Polres Pasaman Barat menangkap satu truk kayu dengan ukuran 15 x 9 dan 8 x 16 yang berjumlah sekitar sembilan kubik. Semua kayu itu sudah diolah menjadi kayu balok yang siap dijual.

Polres Pasaman Barat akan terus melakukan razia terkait maraknya kayu tidak sah di Pasaman Barat. Hal itu sesuai dengan imbauan Kapolda Sumbar yang ingin memberantas praktik pembalakan liar.

“Selain melakukan razia, kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan tentang berbagai izin yang telah dikeluarkan,” kata Burrahim Boer.

(KR-IWY)

Editor: Ella Syafputri

 

Sumber: Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: