Leave a comment

Lima Ranmor Diamankan


Pasamanbarat, Padek—Pascapenangkapan 16 unit sepeda motor hasil pencurian kendaraan bermotor (curanmor) Selasa (28/2) lalu, jajaran Polsek Kinali Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) kembali mengamankan 5 unit sepeda motor hasil curanmor.
Penangkapan 5 unit sepeda motor curanmor ini merupakan hasil pengembangan dari tertangkapnya 7 tersangka yang sudah ditahan sebelumnya. Lima unit sepeda motor yang diamankan itu berjenis Jupiter MX, Vega R, Supra X, Vega ZR dan Vega R.
“Dengan demikian secara keseluruhan polisi telah berhasil mengamankan 21 unit sepeda motor dari tujuh tersangka,” kata Kapolres Pasbar, AKBP Prabowo Santoso didampingi Kasat Reskrim Iptu Burrahim Boer dan Kapolsek Kinali AKP Asnomi Nanda di Kinali, Selasa (6/1).
Pengungkapan curanmor yang dilakukan jajaran Polsek Kinali merupakan terbesar di 2012 ini. Para tersangkanya masuk kategori sindikat lintas Sumbar. Saat ini barang bukti (BB) serta para tersangkanya masih diamankan di Polsek Kinali untuk pengembangan lebih lanjut.
Ditambahkan Kapolres, kepada warga yang merasa kehilangan sepeda motor sudah bisa mengambilnya ke Polsek Kinali dengan membawa surat kepemilikan yang jelas dan tidak dipungut biaya.
“Bagi warga yang merasa kehilangan sepeda motor diharapkan bisa melihatnya di Polsek Kinali,” imbaunya.
Sementara Kapolsek Kinali, AKP Asnomi Nanda menambahkan pihaknya akan terus memburu pelaku-pelaku lainnya yang masuk sindikat curanmor lintas Sumbar.
“Kita akan kembangkan kasus ini dengan meningkatkan koordinasi dengan jajaran Polsek serta Polres lainnya di Sumbar sehingga sindikat curanmor ini bisa kita ungkap,” tegas Asnomi Nanda.
Diberitakan sebelumnya, ketujuh pelaku yang sudah ditahan tersebut masing-masing “EK”, 23, warga Kabupaten Solok. Sedangkan “AT”, 22 ,”DN”, 24 ,”BR”, 27, “TR”, 25,”WO”, 25 dan “AS”, 24 merupakan warga Kinali Pasbar.
Ketujuh pelaku sudah menjadi target operasional jajaran Polsek Kinali selama satu bulan. Sepeda motor yang berhasil terdiri dari bermacam merk. Ada Yamaha Mio, Yamaha Jupiter dan Honda.
Pengungkapan jaringan pencurian kendaraan bermotor itu merupakan hasil penyelidikan Polsek Kinali atas banyaknya laporan masyarakat terkait aksi pencurian dalam jangka dua bulan ini.
Penangkapan para pelaku itu diawali dengan ditangkapnya WO di Jorong Wono Sari Nagari Kinali Pasaman Barat pada Senin (27/2) sekitar pukul 21.30 WIB. Setelah itu Polsek Kinali di bawah kepemimpinan Kapolsek, AKP Asnomi Nanda menggali informasi dari WO. Diperoleh informasi bahwa dirinya tidak beraksi sendirian tetapi melibatkan banyak orang.
Motor sudah Dirombak
Dari tangan WO berhasil diamankan sekitar enam unit sepeda motor yang sudah dirombak mulai dari kap, serta warna sepeda motor itu sudah diganti pelaku.
Sementara itu EK merupakan pemain lama yang sudah melalang buana melakukan pencurian. Dari keterangan EK masih banyak lagi motor hasil curian mereka ini yang masih beredar di Pasbar.
Untuk satu unit sepeda motor itu dijual seharga 3-4 juta. Tujuh pelaku sudah mendapatkan job description dalam menjalankan tugas. EK menjadi perencana, AT, DN, BR, TR pemetik atau eksekutor di lapangan. Sedangkan TR sebagai penjual. Kemudian, WOdan AS merupakan pembeli dari hasil curian. Menurut AKP Asnomi Nanda, berdasarkan pengakuan para tersangka sepeda motor itu mereka curi di berbagai tempat di Sumbar di antaranya Padang, Pasaman, Agam serta di Pasbar.
“Hingga saaat ini kita masih terus memburu tiga orang pelaku lainnya yang masih berkeliaran di Pasaman Barat. Ketiga pelaku sudah kita kantongi nama-namanya hanya menunggu waktu yang tepat untuk menangkapnya,” ujar Asnomi Nanda. (*)

Sumber: Padangekspres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: