1 Comment

Pasar Nagari Silaping Terpilih jadi Duta Sumbar


PASAMAN BARAT, SOPasar Nagari Silaping Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) terpilih menjadi duta Sumbar untuk lomba pasar tingkat nasional.
Terpilihnya Pasar Silaping untuk tingkat Nasional sehubungan dengan nilai dan prediket pasar terlayak yang dicapai dan diraih oleh pasar tersebut. Atas keberhasilan yang dicapai Pasar Silapiang ini Bupati Pasaman Barat Drs. H. Baharuddin R, MM menitipkan Pasar Silaping Nagari Batahan kepada Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan UKM setempat untuk bisa berprestadi di tingkat Nasional.
“Nagari Silaping hendaknya dapat berprestasi memuaskan di lomba pasar tradisional tingkat Nasional, dan menjadi percontohan bagi pasar nagari lainnya,” ungkap Bupati Pasbar Baharuddin, R saat kunjungannya ke Pasar Nagari Silaping untuk meresmikan pasar tradisional tersebut.
Pemkab Pasbar akan mendorong dan memfasilitasi semaksimal mungkin setiap program masyarakat yang berorientasi pada pembangunan, apalagi program yang dijalankan mendapat perhatian dari tingkat nasional, ucap Bahar.
 
Untuk itu diminta kepada seluruh Niniak Mamak, Kerapatan Adat Nagari (KAN) beserta Wali Nagari dan Kecamatan Ranah Batahan menjaga persatuan yang telah terjaga. Selain pengembangan pasar nagari, Bupati juga berharap agar membangun Pasbar mesti di atas tadah agama, jangan sampai ada perbuatan oknum masyarakat berbuat pada kemungkaran.
 
Langkah jitu untuk menampung aspirasi masyarakat, lanjutnya tentu memaksimalkan Musyawarah Rencana Pembangunan Nagari (Musrenbang) nagari yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.
 
Untuk kunjungan peresmian pasar Nagari di Silaping tersebut, ungkap Bupati lagi, selain mengapresiasi swadaya masyarakat untuk membangun pasar nagari, Bupati juga terharu melihat kelincahan anak didik Taman Kanak-kanak ABA yang ada di Silaping dengan menampilkan tari persembahan dengan lincahnya.
 
“Saya tergugah kelincahan anak Silaping ini, saya akan beri bantuan Rp5 Juta untuk TK ABA ini,” sebut Bupati Pasbar.
 
Sementara itu, Togal Nasution, salah seorang Niniak Mamak Silaping, mengatakan awalnya pasar Silaping adalah pasar tradisional yang sekarang terpilih sebagai salah satu pasar mengikuti kompetisi di tingkat Nasional. “Kita sangat berterima kasih kepada Pemkab Pasbar atas bimbingannya guna mewujudkan impian masyarakat Silaping ini,” sebut Togar Nasution.
 
Sedangkan Wali Nagari Silaping, Syamsir Alam Lubis, menyebutkan, sekarang kondisi pasar Silapiang mempunyai 30 unit ruko, kios 110 unit, los 160 unit, lapak lapak 116, emperan 267 buah, serta yang pakai tenda 20 buah. Hari pekan di pasar Silaping adalah hari Rabu, sedang yang beroperasi setiap hari hanya kios dan ruko, sebut Syamsir.
Keunggulan pasar nagari Silaping dibandingkan pasar nagari lainnya adalah pasar ini dibangun dengan swadaya anak nagari. Selain itu di pasar ini, juga punya aset mushalla, gedung sekretariat dan lainnya, jelas Walinagari ini.
Dalam peresmian tersebut juga ikut hadir Dinas terkait, seperti Kadis PU, Reflin, Kadis Koperindag, Alizamar dan Kabag Humas Yulison.
Dilaporkan : gatot
Sumber: Sumbaronline

One comment on “Pasar Nagari Silaping Terpilih jadi Duta Sumbar

  1. […] Pasar Nagari Silaping Terpilih jadi Duta SumbarPasar Nagari Silaping Terpilih jadi Duta Sumbar […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: