Leave a comment

Warga Korban Abrasi Pasaman Barat Direlokasi Menuju Hunian Tetap


pasamanbarat – Warga Jorong Pondok, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat, yang rumahnya mengalami rusak berat akibat terjangan ombak, Kamis (8/3) lalu, akan direlokasi menuju hunian tetap yang jauh dari lokasi pantai. Akibat musibah tersebut, tercatat 24 rumah rusak berat, dengan total kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 millyar.

Ketika mengunjungi lokasi abrasi, Selasa (13/3), Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, selayaknya seluruh masyarakat yang berada pada zona merah abrasi harus direlokasi karena masih ada 142 rumah masyarakat yang terancam. Namun demikian, upaya relokasi akan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan dana yang dimiliki, maka terlebih dahulu diprioritaskan bagi warga yang rumahnya rusak berat.

“Sebenarnya, yang harus direlokasi masih ratusan rumah yang berada di zona merah abrasi, tapi dana kita terbatas, maka prioritas utama bagi warga yang rumahnya rusak berat. Anggaran hunian tetap bersumber dari anggaran BNPB dan diharapkan Pemkab Pasaman Barat membuat proposal pengusulan anggaran. Saya rasa disetujui, kan ada dana on call,” ungkap Irwan.

Gubernur Irwan Prayitno menambahkan, untuk program jangka panjang mengurangi ancaman abrasi di Pantai Sasak, akan dibangun batu grip sepanjang 1,3 kilometer dengan dana APBD provinsi dan kabupaten sebesar Rp 10 millyar, yang saat ini telah memasuki tahap tender.

Sementara itu, untuk meringankan beban masyarakat korban musibah abrasi, Pemerintah Provinsi Sumbar memberikan bantuan satu truk logistik senilai Rp 70 juta dan bantuan dari BPBD Provinsi sebesar Rp 70 juta. (Dodik.S/HF)

(Editor : Heri Firmansyah)

 

Sumber: RRI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: