Leave a comment

Pasar Nagari Silaping Dinilai Tim Kemendagri


PASAMAN BARAT –Pasar Nagari Silaping Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dinilai oleh Tim Pusat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Dinilainya pasar tersebut karena pasar nagari Silaping berhasil terpilih menjadi duta Sumbar untuk Lomba Pasar Tingkat Nasional.
Ketua Tim Penilai, Drs.H Khairul Fauzi bersama tiga anggotanya dari Tim penilai Kementrian Dalam Negeri sangat terkagum dan terpesona saat meninjau pasar Silaping yang dibangun dengan swadaya anak nagari itu.
“Tidak salah Provinsi Sumatera Barat memilih dan mengutus Pasar Silaping menjadi wakil Sumbar ke tingkat nasional dalam lomba pasar tradisional,” sebut Fauzi. Sebab baru di Pasar Silaping ini ia mendapatkan kondisi pasar yang punya daya tarik tersendiri dan mempunyai sejarah panjang berdirinya pasar tradisional.
Bahkan berbagai keunggulan dimiliki pasar ini, apalagi swadaya masyarakat dan anak nagari sangat tinggi dan peduli sekali atas keberadaan pasar untuk kemajuan nagarinya, ucap Fauzi.
Ekspos pasar Silaping yang dilakukan walinagari kepada tim penilai benar-benar sesuai kenyataan yang ada dilapangan. ”Setelah kami dengar dan kami lihat serta kami periksa langsung dokumen dan administrasinya, ternyata benar tidak mengada-ada. Dari 11 kriteria penilaian yang dilakukan semuanya ada di Pasar Silaping ini,” pungkasnya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, lomba pasar tradisional tingkat nasional ini diperkirakan akan diumumkan pemenangnya pada bulan Mei mendatang. Bagi pasar yang berhasil mendapat prediket terbaik, pemenangnya akan diundang ke Sidoarjo, Jawa Timur untuk menerima hadiah serta ekspos pasar untuk dijadikan pilot project pasar tradisional secara nasional.
Saat ini, tim penilai dari pusat sedang melaksanakan penilaian ke provinsi-provinsi lainnya dan diperkirakan selesai akhir April nanti, jelasnya.
Sementara itu Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R yang diwakili Sekretaris Daerah Pasbar, Yulrizal Baharin mengatakan, sangat besar harapan dan tumpuan kepada Pasar Silaping untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Jika itu tercapai, bukan saja akan mengharumkan nama Pasbar dikancah nasional tapi juga akan membawa nama Sumbar dan menambah deretan prestasi Sumbar di tingkat nasional.
“Harapan kami, tentunya tim penilai dari tingkat nasional berpandangan sama dengan apa yang telah kami nilai terhadap pasar Silaping ini, sehingga untuk tahun 2012 kami akan sangat merasa terhormat apabila pasar nagari Silaping dapat menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” ungkap Sekda.
Walinagari Silaping Syamsir Alam Lubis mengatakan, pasar Silaping dibangun hingga seperti sekarang adalah berkat peran warga Silaping dan anak nagari yang mau berswadaya untuk pembangunan pasar.
 
Dimana saat ini kondisi pasar Silaping mempunyai 15 unit ruko yang berhasil didirikan dari swadaya masyarakat. Disamping itu juga terdapat ruko lainnya 30 unit, kios dengan jumlah 110 unit, los 160 unit, lapak 116, dan lesehan atau emperan. “Untuk hari pasar yang besarnya yakni Kamis, tapi ruko dan beberapa kios itu buka setiap hari,” terangnya.
Dilaporkan : Gatoek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: