Leave a comment

Polda Lidik Izin Tambang


Padang,— Polda Sumbar menyelidiki dua surat izin usaha pertambangan (IUP) bijih besi yang dikeluarkan Bupati Pasaman Barat dan Solok Selatan. Penyelidikan dilakukan Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Dit Resrimsus) Polda dengan meminta keterangan para saksi-saksi.
Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Mainar Sugianto menyebutkan, izin usaha pertambangan di Pasaman Barat terjadi tumpang tindih pada lokasi sama. Setelah IUP-nya dibatalkan, kemudian dihidupkan lagi, sehingga IUP-nya menjadi tumpang tindih.
Sedangkan di Solok Selatan, kata Mainar, Izin Usaha Pertambangan dikeluarkan pada kawasan hutan sebelum ada izin dari Kementrian Kehutanan. “Sekarang kedua kasus tambang ini masih dalam lidik, belum ada yang ditetapkan jadi tersangka,” ujar Mainar.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumatera Barat, Marzuki Hadi mengingatkan bupati dan wali kota se-Sumbar supaya tidak mengeluarkan surat izin usaha pertambangan sejak keluarnya surat edaran Dirjen Mineral, Batubara dan Panas Bumi Nomor 03.E/31/DJB/2009 tertanggal 30 Januari 2009.

“Jika tidak diindahkan, maka sanksi dari pengeluaran IUP tersebut adalah pidana,” kata Marzuki didampingi Kasi Pertambangan, Jhon Edwar kepada Padang Ekspres, kemarin.
Menurutnya, sejak keluar surat edaran Dirjen yang berarti perintah dari Menteri ESDM tidak diperbolehkan lagi IUP diterbitkan kepala daerah dengan tujuan IUP yang terbit tersebut tidak jadi bahan komoditi oleh pihak-pihak tertentu.
Namun demikian, Kuasa Pertambangan (KP) yang telah ada sebelum berlakunya UU No4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (PMB) termasuk peningkatan tahapan kegiatannya tetap diberlakukan sampai jangka waktu berakhirnya KP dan wajib disesuaikan menjadi IUP berdasarkan UU tersebut, paling lambat satu tahun.(*)

 

Sumber: Padang Ekspres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: