Leave a comment

Kebutuhan BBM Nelayan Pasaman Barat 588.775 Ton


pasamanbarat,  Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) nelayan di Pasaman Barat, Sumatera Barat sedikitnya 588.775 liter per bulan, cukup tinggi dibandingkan daerah lain.

Untuk itu diperlukan pengaturan yang jelas dan teratur sehingga BBM sampai ke tangan nelayan sesuai dengan kebutuhan, kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pasaman Barat, Nellyarwisma, Senin.
Ia menambahkan, pihaknya juga mengantisipasi peluang penimbunan yang dilakukan nelayan berdasarkan surat edaran Gubernur Sumbar Nomor 541/317/DESDM-2012 tanggal 16 Maret 2012 tentang pengaturan pendistribusian jenis BBM tertentu atau bersubsidi di wilayah Sumbar.
Dalam surat edaran itu dinyatakan pembelian menggunakan jerigen maksimal dua jerigen premium dan dua jerigen solar setiap hari dengan membawa surat rekomendasi dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
Untuk mempermudah memperoleh surat rekomendasi itu, pihaknya membuat anjuran kepada para pemilik kapal membuat kebutuhan selama satu bulan dengan tujuan agar mereka tidak bolak balik ke Simpang Ampek setiap harinya untuk mengurus surat rekomendasi.
Jarak dari Simpang Ampek ke Aia Bangih sekitar 70 kilometer, untuk itu pihaknya menganjurkan kepada pemilik kapal membuat kebutuhan selama satu bulan.
Pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu, katanya, agar tidak terjadi penimbunan, apalagi harga BBM direncanakan akan naik sehingga dibutuhkan pendistribusian yang jelas dan teratur.
Kebutuhan BBM untuk Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Aia Bangih jenis premium setiap bulannya mencapai 84.000 liter, jenis solar 260.000 liter per bulan. Sedangkan untuk minyak tanah 60.000 liter per bulan.
Untuk PPI Sasak kebutuhan premium setiap bulannya 8.515 liter, solar 148.200 liter per bulan, dan minyak tanah 4.940 liter per bulan.
PPI Nagari Katiagan kebutuhan BBM jenis premium setiap bulannya 2.160 liter, solar 18.800 liter per bulan dan minyak tanah 2.160 liter per bulan.
Jumlah kapal motor tempel di Aia Bangih 325 unit dan 326 unit kapal, Kecamatan Koto Balingka untuk kapal motor tempel sekitar 35 unit dan 15 unit kapal.
Untuk Kecamatan Sikabau jumlah kapal motor tempel 80 unit, Kecamatan Sasak 124 unit kapal motor tempel dan 24 unit kapal, sedangkan di Kecamatan Kinali kapal motor tempel ada sekitar 55 unit dan 44 unit kapal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: