Leave a comment

Pasar Silaping Berpeluang Juara


Pasamanbarat—Tim penilai pasar tradisional pusat menilai Pasar Silaping, Nagari Batahan, Kecamatan Ranahbatahan, Pasaman Barat (Pasbar), kemarin. Sehingga Pasar Silaping yang sudah ada sejak zaman Belanda itu semakin dekat menjadi terbaik di tingkat nasional tahun 2012.
Ketua tim penilai pusat lomba pasar tradisional tingkat nasional 2012, Khairul Fauzi  mengakui, tidak satupun kriteria penilaian tingkat nasional yang terlewatkan di pasar itu. “Setelah saya tinjau dan mendengar ekspos walinagari tadi, saya yakin tidak satupun kriteria penilaian kami yang terlewatkan,” kata Khairul Fauzi.
Rombongan datang bersama tiga anggota penilai dari Kementerian Dalam Negeri. Dari 11 kriteria penilaian yang disubkan menjadi 48 poin, semuanya ada di Pasar Silaping. Ekspos walinagari katanya benar sesuai kenyataan yang ada di lapangan. “Kita sudah periksa langsung seluruh dokumen dan administrasinya, semuanya nyata yang diekspos Pak Wali,” akunya.
Dikatakannya, tidak salah Pemprov Sumbar memilih Pasar Silaping menjadi wakil Sumbar ke tingkat nasional. Pasalnya,  baru di Pasar Silaping mendapatkan kondisi alami dan punya sejarah panjang berdirinya pasar itu. Semuanya, berkat gotong royong dan rasa kepedulian anak nagari untuk kemajuan perekonomian daerahnya.
Lomba ini akan diumumkan pemenangnya, Mei mendatang. Pemenang akan diundang ke Sidoarjo, Jawa Timur menerima hadiah, serta ekspos pasar untuk dijadikan pilot project pasar tradisional secara nasional. Saat ini, tim penilai dari pusat sedang melaksanakan penilaian ke provinsi-provinsi lainnya dan diperkirakan selesai akhir April nanti.
Sekretaris Kabupaten Pasbar, Yulrizal Baharin mewakili Bupati Pasbar mengatakan, besar harapan dan tumpuan kepada Pasar Silaping untuk menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Jika itu tercapai, bukan saja akan mengharumkan nama Pasbar di kancah nasional, tapi juga akan membawa nama Sumbar dan menambah deretan prestasi Sumbar di tingkat nasional.
“Ya, kita harapkan tim penilai sama pandangannya dengan kita, dan sangat merasa terhormat apabila pasar nagari Silaping dapat menjadi terbaik di tingkat nasional,” ungkap Yulrizal.
Di tempat yang sama, Wali Nagari Batahan, Syamsir Alam Lubis mengatakan, Pasar Silaping dibangun berkat peran warga Silaping mau berswadaya membangun pasar. Dan ada dana APBD Pasbar. Jumlah ruko didirikan swadaya masyarakat 15 unit. Ruko 30 unit, kios 110 unit, los 160, lapak 116, lesehan 267 dan tenda 20 unit.
“Puncak pasar Silaping hari Kamis, namun ruko dan kios buka tiap hari,” terangnya.
Selain itu, ada pasar Kampung Baru hari pasarnya setiap Rabu. Kemudian pasar komoditi khusus dikelola jorong. Nagari Batahan termasuklah Silaping. Total jorong 26 jorong, 8 kejorongan masih terisolir.
Namun demikian, Nagari Batahan mempunyai banyak potensi. Sekitar 900 ha areal sawah berada di nagari itu. Juga ada rencana membuat kawasan industri Rakyat (IPR).
Pantauan Padang Ekspres di pasar Silaping itu, memang pasarnya cukup bersih dan teratur. Bahkan peninggalan sejarah yang memiliki makna tinggi masih ada. Dibuktikan dengan adanya bangunan tua, termasuk peninggalan di zaman belanda yakni brankas uang terbuat dari besi. (*)

 

Sumber: Padang Ekspres

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: