Leave a comment

Pasaman Fasilitasi UKM Dapat Pinjaman Lunak


SIMPANG AMPEK– pasamanbarat.com : Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memfasilitasi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berkembang di daerah itu memperoleh pinjaman tanpa agunan ke BRI.

Camat Pasaman Edison Zalmi, Minggu (8/4), mengatakan, pinjaman itu maksimal Rp25 juta dengan bunga 6 persen dalam jangka satu tahun.

“Program itu kita namakan dengan Kredit Kemitraan Bina Lingkungan bekerja sama dengan BRI Cabang Simpang Ampek. Dengan adanya kredit tanpa boroh akan bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya,” katanya.

Dia menjelaskan, kerja sama antara kecamatan dengan BRI untuk memberikan kredit lunak kepada UKM merupakan yang pertama di Pasaman Barat. Unsur kepercayaan membuat pihak bank bersedia bekerja sama dalam rangka membantu warga yang memiliki usaha untuk berkembang dengan memberikan bantuan modal.

Bagi UKM yang ingin mengajukan pinjaman ke BRI, kata dia, harus memperoleh rekomendasi dari Camat Pasaman agar warga yang mengajukan pinjaman benar-benar memiliki usaha dan berkemauan untuk berkembang.

Sebelum memberikan rekomendasi, pihak kecamatan menyurvei usaha yang diajukan.

“Tanpa rekomendasi dari camat, UKM tersebut tidak bisa mengajukan pinjaman ke BRI. Mengenai angsuran kreditnya dihitung per bulan berdasarkan hitungan bunga dan pokok,” jelasnya.

Menurut dia, pinjaman maksimal Rp25 juta tanpa agunan dengan bunga 6% setahun ini sangat membantu dan merupakan salah satu peluang bagi UKM untuk berkembang.

Dia menambahkan, jika usahanya maju dan butuh dana lebih dari Rp25 juta, pemilik UKM akan diarahkan ke Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen per tahun.

“Saat ini sudah ada dua UKM yang telah memperoleh kredit dari BRI dan dua lagi sedang proses. Saya mengimbau kepada UKM yang ada agar bisa memanfaatkan kerja sama ini sehingga dari segi permodalan akan terbantu,” katanya.

Dia menambahkan, pihak Kecamatan Pasaman berharap kepada bank lainnya yang ada di Pasaman Barat bisa membantu menyalurkan kredit lunak kepada UKM. Sehingga UKM yang ada dapat memperolah bantuan modal tanpa anggunan dan membantu usaha itu berkembang.

“Program itu merupakan salah satu program dalam rangka pembinaan terhadap UKM yang muaranya adalah menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Ant/OL-3)

 

 

 

Sumber: Media Indonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: