Leave a comment

E-KTP Rampung, Hadiah Menanti


Pasamanbarat.com —Bupati Pasaman Barat H Baharuddin R mengatakan, walaupun Pasbar terbanyak jumlah wajib KTP di Sumbar, tapi perekaman data e-KTP selama tiga bulan ke depan ditargetkan rampung. Sementara program secara nasional mulai April Oktober 2012 mendatang atau selama 7 bulan.
“E-KTP di Pasbar harus berhasil dilaksanakan dan terbaik pula di Sumbar atau nasional. Kalau dapat  dipersingkat lagi, kenapa kita harus berlama-lama,” kata Baharuddin usai launching e-KTP di kantor Camat Pasaman, Simpang Ampek, Selasa (10/4).
Dijelaskan bupati, camat, wali nagari dan kepala jorong diberikan reward jika bisa menyukseskan e-KTP ini. Diharapkan camat bekerja ekstra termasuk stakeholder yang memiliki hubungan langsung dengan pelaksanaan e-KTP ini.
”Bagi yang berhasil sesuai target akan diberikan dua motor di tingkat kecamatan, satu untuk wali nagari dan satu lagi untuk nagari. Dengan catatan, tercepat melaksanakan program e-KTP tadi. Bukan itu saja, sebanyak 10 TV juga akan diberikan kepada jorong yang berprestasi. Tujuannya agar program ini terlaksana dengan baik,” ujarnya.
Setelah diluncurkan, seluruh kecamatan telah dapat memulai merekam data. Baharuddin menekankan, tidak boleh ada wajib KTP tidak punya KTP. Guna sosialisasi target dan reward, dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat dengan seluruh kepala jorong, wali nagari dan camat.
Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pasbar, Fadlus Sabi mengatakan, pihaknya akan menyiapkan up to date data harian di kantor setempat.  Sehingga setiap hari bisa diakses berapa rekam data yang sudah masuk. Diharapkan, kepala jorong dan wali nagari serta camat harus dimaksimalkan pelaksanaan e-KTP ini.
Dikatakan Fadlus, terkait e-KTP itu sebenarnya sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/1565A/SJ tentang Penerbitan NIK dan Pemantapan Persiapan Penerapan e-KTP 2012. Menindaklanjuti itu, sejak 2010 lalu telah dilakukan pemutakhiran data kependudukan, penerbitan NIK 2010 dan dibagikan kepada masyarakat di 2011 lalu. Telah ada Perda Nomor 8 Tahun 2010 tentang Administrasi Kependudukan.
“Mengenai pengelolaan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sudah melalui SIAK. Bahkan nomenklatur instansi pelaksana sudah sesuai Perda Nomor 13 tahun 2012, tentang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” katanya.
Kemudian persiapan yang telah dilakukan, sudah disediakan tenaga teknis operasional pelayanan dan telah dibekali dengan bimtek 4-5 April lalu. Kemudian, dua orang operator kabupaten, empat orang operator perkecamatan, satu orang tenaga administrasi dan sopir di masing-masing kecamatan. Bahkan, bagi daerah jauh telah disediakan kendaraan.
Kabag Humas Sekretaria Pemkab Pasbar Yulison menambahkan,  Pasbar penduduk terbanyak dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Sumbar mencapai 395.058 jiwa, dengan Wajib KTP 249.885 jiwa.
Untuk Pasbar, alat dan personel tenaga teknis, tenaga sosialisasi dan bentuk-bentuk sosialisasi, seperti spanduk, stiker, baliho dan lainnya, sudah dilaksanakan hingga menyentuh masyarakat yang ada di daerah pinggiran pantai.
“Bahkan sosialisasi itu telah dipastikan berada di seberang lautan,” sebut Yulison.
Dalam acara launching e-KTP itu, selain dibuka bupati, juga terlihat Wabup Pasbar, H Syahrul Dt Marajo. Kemudian Asisten I (Muhayatsyah), Kepala Bappeda (Yasri Urifsyah), Kadis Kependudukan dan Pencapil (Fadlus Sabi), Kesbangpol (Yudesri), Kabag Humas (Yulison), Camat Pasaman  (Edison Zelmi) dan lainnya. (*)

 

 

Sumber: Padangekspres.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: