Leave a comment

Investor Korea akan Manfaatkan Limbah Sawit Pasbar


PASAMANBARAT.COMPasaman Barat (Pasbar) yang kaya dengan hasil perkebunan tidak saja menjadi omset pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah setempat, namun juga menjadi lahan empuk bagi pemerintah setempat untuk menggaet investor luar untuk melakukan investasi ke ranah Tuah Basomo.
Tandan Buah segar (TBS) kelapa sawit yang menjadi andalan perkebunan di Pasaman Barat, tidak saja buahnya yang diolah menjadi minyak mentah selama ini, namun limbah pengolahan tandan sawit dan cangkang yang selama ini terbuang begitu saja juga mendapat lirikan dari investor asal Korea.
Tidak main main dengan peluang investasi yang cukup menjanjikan untuk meningkatkan ekonomi dan peluang kerja bagi masyarakat Pasbar, investor asal Korea itu juga langsung dibawa oleh Putra Asli Daerah Pasbar, H. Maidestal Hari Mahesa, S.Sos ke Pasbar untuk memanfaatkan limbah tandan sawit dan cangkang yang selama ini terbuang begitu saja.
Limbah tandan sawit dan cangkang itu diolah untuk dijadikan sumber bio energi listrik. Rencananya dalam waktu dekat ini investor Korea itu akan membangun pabrik pengolahan limbah kelapa sawit untuk diolah menjadi Bio energi listrik di Pasbar.
Dengan demikian, semua limbah sawit di Pasbar nantinya akan diolah menjadi sumber energi listrik pengganti batubara. Atas kedatangan investor itu, masyarakat Pasbar sangat antusias menyambutnya.
Bahkan sebagai bentuk keseriusan investor Korea ini, Kamis (12/4) kemarin, telah dilakukan survey lahan pembangunan pabrik di Kinali, Pasaman Barat bersama H.Maidestal Hari Mahesa dan SKPD terkait.
Direncanakan dalam tiga bulan kedepan, Oh Se-Jin selaku pimpinan rombongan yang tergabung dalam Korea Distrik Heading Corp akan mengurus segala perizinan dan administrasi yang dibutuhkan. Dan Pemkab Pasbar akan memberikan jaminan kemudahan dan investasi yang kondusif untuk investor asing.

Oh Se-Jin, investor Korea bersama rombongan secara resmi diterima oleh Sekda Pasaman Barat, H. Yulrizal Baharin dan H. Maidestal Hari Mahesa yang memotori datangnya investor asing itu ke Pasaman Barat, di ruang Sekda Pasbar.
Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Kinali yang dipandu H. Maidestal Hari Mahesa, Kabag Agraria Sukarni Syamsir, Kadis Pekerjaan Umum Reflin, dan Kadis Perkebunan Alfitri Noven, Kepala BPN Markarios, dan Camat Kinali, Ayup Pramudia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: