Leave a comment

Maidestal dan Investor Korea Tinjau Potensi Limbah Sawit


pasamanbarat.com –“Indak ado rotan, aka pun jadi, Indak kayu janjang dikapiang”, setidaknya itulah sikap yang diperlihatkan H. Maidestal Hari Mahesa untuk mendatangkan investor ke Ranah Tuah Basamo, Pasaman Barat.

Tidak saja Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang menjadi peluang penghasilan bagi masyarakat setempat, namun limbah kelapa sawit dan cangkang yang selama ini terbuang begitu saja juga dapat dijadikan peluang  untuk memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Pasaman Barat (Pasbar). Bahkan menjadi omset bagi pemerintah setempat.

Menurut Esa, panggilan akrab Maidestal, investor yang dia gaet itu merupakan kabar gembira bagi Kabupaten Pasaman Barat. Karena kehadiran investor juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan perekonomian Pasaman Barat maupun peningkatan kesejahteraan rakyat di masa depan.

Kerja keras yang dilakukan Esa selama ini bersama Pemkab Pasbar merupakan bagian dari sumbangsih dirinya terhadap daerah, dan kecintaan dirinya untuk membangun kampung halamannya.

Dijelaskannya, investor Korea itu akan mengolah limbah tandan sawit maupun cangkangnya untuk dijadikan sumber energi listrik seperti bentuk pelet. Energi listrik ini akan berguna untuk kebutuhan masyarakat Pasbar, dalam negeri maupun untuk di ekspor keluar negeri.

“Produk yang dihasilkan dari limbah sawit itu bisa melebihi kekuatan batubara sebagai sumber energi,” kata Esa memberi contoh.

Untuk tahap awal direncanakan investor Korea itu akan menanamkan investasi membangun pabrik senilai hampir Rp340 miliar lebih. Pabrik itu akan mengolah limbah tandan sawit menjadi sumber energi listrik.

Keseriusan investor Korea itu, sebut Esa, dibuktikan dengan telah dua kali mereka datang ke Pasbar untuk melihat lokasi dan potensi limbah sawit di Pasaman Barat. Bahkan beberapa waktu lalu, Bupati Pasbar H. Baharuddin R juga telah melakukan kunjungan ke Korea untuk bertemu dengan investor tersebut.

Dengan masuknya investasi ke Pasaman Barat, maka Pasbar akan menjadi daerah yang semakin maju dan diminati investor, sekaligus memberikan dampak multiplier effect terhadap sektor perekonomian.

Dilaporkan : Gatoek

Sumber: sumbaronline.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: