Leave a comment

Di Sinuruik Ada Pucuak Adaik


Pasamanbarat.com — Tidak terpeta tapi memiliki “pucuak adaik”, itulah Kenagarian Sinuruik. Nagari yang cukup tua dalam kebudayaan Minangkabau.
Minggu (15/4) Sinuruik menggelar baralek gadang. Malewakan Asrial Bahri Tuanku Nan Sati sebagai Pucuak Adaik.
“Tuanku Nan Sati diharapkan akan dapat membawa kemajuan bagi cucu kemenakan dan masyarakat lainnya,” kata Bupati Pasbar H Baharuddin R, saat pembukaan acara Baralek Gadang  di Sinuruik Bukik, Jorong Benteng Kenagarian Sinuruik Kecamatan Talamau.
Dikatakannya, pengangkatan pucuak adaik sudah sesuai dengan adat salingka nagari. Untuk itu diharapkan kepada pucuk adat agar segera melakukan  tunjuk batas ulayat sesuai dengan aturan adat dan pemerintahan yang ada.
“Mari kita pertahankan adat, karena sesuai dengan agama Islam. Dan mari kita semua bersama-sama berbaur  dan bekerjasama baik, sehingga tujuan dapat tercapai dalam memajukan nagari,” imbau Baharuddin yang juga sebagai Payuang Panji LKAAM Pasbar.
Sementara itu, Ketua Umum Pucuk Pimpinan LKAAM Sumbar M Sayuti Dt Rajo Pangulu, mengatakan, Pemkab patut diacungkan jempol. Kontribusi besar terhadap tatanan adat di Sumbar telah diberikan. Seperti pembuatan perda adat, perda mengaji yang sesuai dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
Sementara itu, Tuanku Nan Sati mengatakan, sejak 1986 ia telah diangkat menjadi pucuak adat dan telah dilewakan. (roy)
Namun kalau untuk tingkat nagari baru 2001 lalu. Sedangkan tingkat kabupaten dilaksanakan Sabtu-Minggu (14-15/4) ini. Sebelum ia diangkat jadi Pucuak Adaik, pemegang gelar itu diemban oleh Muhammad Nur Tuanku Nan Sati.
“Tujuan alek ini agar anak nagari atau masyarakat mengetahui bahwa di Sinuruik ada pucuk adat,” ujar Tuanku.
Ditambahkannya, Pasbar merupakan daerah rantau. Sedangkan batas ulayat dari Pucuak Adaik Nagari Sinuruik, yakni sebelah Utara Berbatasan dengan Tuanku Rajo Sontang di Cubadak, Duakoto, Pasaman.
Kemudian, sebelah Selatan berbatasan dengan Nagari Kajai, namun tidak ada pucuk adatnya. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan Bosa di Talu. Sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Sutan Kanaikan di Muarokiawai. (roy)

 

Sumber: PadangEkspres.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: