1 Comment

Pantai Sasak Siap Jadi Objek Wisata Andalan


Pasamanbarat.com, SIMPANG AMPEK—Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada 2012 akan membenahi kawasan Pantai Sasak, sekitar 20 kilometer dari Kota Simpang Ampek, agar bisa dijadikan objek wisata andalan daerah itu.

Pantai Sasak selama ini kurang terurus meski memiliki potensi menjanjikan, sarana-prasarananya akan dilengkapi seperti jalan menuju pantai, pos pariwisata, dermaga, parkir dan pembuatan arena bermain, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasaman Barat, Asnal.

Ia mengatakan, lokasi pantai Sasak yang tidak terlalu jauh dari ibu kota kabupaten itu pada 2011 juga telah dilakukan pengembangan seperti membangun pintu gerbang, membenahi jalan dan menata para pedagang.

Pembenahan tahun ini akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan. Untuk itu pihaknya mengimbau semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, alim ulama dan seluruh lapisan masyarakat ikut mendukung pengembangan objek wisata yang akan dijadikan andalan daerah ini.

Saat ini kondisi Pantai Sasak sebenarnya sudah mulai menunjukkan perkembangan. Hanya, sarana dan prasarana masih perlu dilengkapi. Meski saat ini sudah dinilai layak dikunjungi, untuk menarik wisatawan terutama dari luar masih diperlukan sarana pendukung yang memadai, termasuk kesiapan warga setempat tentang sadar wisata.

Kesadaran wisata ini penting, sebab masih banyaknya warga yang mengidentikkan pawisata dengan kemaksiatan. Padahal jika berpikir positif wisata yang dikelola secara profesional akan mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat dan pemerintah.

“Banyak manfaat jika semua elemen masyarakat bekerja sama membangun pariwisata. Jika pariwisata sudah berkembang, akan menjamur restoran, hotel yang nantinya bermuara pada peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Selain pantai Sasak sejumlah objek wisata lain seperti pantai Aia Bangih, Muaro Binguang, dan Lubuak Landua juga akan menjadi perhatian ke depan, sehingga membawa Pasaman Barat ke arah yang lebih maju.

 

 

Sumber: Republika.co.id

One comment on “Pantai Sasak Siap Jadi Objek Wisata Andalan

  1. Saya salah satu yang berasal dari pasaman yang sekarang berdomisili di bandung, saya bangga bila objek wisata yang ada di pasaman di kembangkan , apa lagi pantai yang ada di sasak juga tidak kalah menarik dari objek wisata pantai yang terkenal contoh di jawa barat pantai pangandaran,,,dan semoga pantai sasak bisa di kenal di seluruh indonesia bahkan di manca negara,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: