Leave a comment

Perikanan

PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT

 

1.  Budidaya Kerapu
Pengembangan Pembesaran Ikan melalui sistem Keramba Jaring Apung merupakan salah satu potensi yang sangat baik dikembangkan dan diterapkan di Kabupaten Pasaman Barat, lokasi yang paling menjanjikan untuk pengembangan KJA dengan komoditi kerapu adalah pulau panjang Kecamatan Sei. Beremas Kabupaten Pasaman Barat.
Jarak Pulau Panjang dari Ibu Kota kabupaten dengan jarak 75 Km dilalui dengan Akses jalan darat dan 45 Menit dilalui dengan kapal laut, memiliki luas perairan untuk pengembangan KJA  ± 150 ha, dengan jumlah pendudu 215 KK  yang memiliki 4 Kelompok Pembudidaya kerapu, masing masing kelompok terdiri dari 10 – 15 orang anggota kelompok yang dapat diperdayakan untuk pengembangan KJA tersebut. Status lahan untuk pengembangan KJA ini masih merupakan Lahan perairan masyarakat yang dalam pengelolaannya cukup dengan surat peminjaman dari Kepala Nagari dan Kepala Jorong Setempat.
Gambar Rencana Lokasi Keramba Jaring Apung Kerapu dan Rumput Laut Jorong Pulau Panjang Air Bangis dan Kualitas Perairan.

 

 
No
Kualitas Perairan
Range
Ket
1.
Salinitas
28 – 34 ‰
2.
Kecerahan/Turbiditas
Maksim um
3.
Oksigen (O2)
4.
Karbon Dioksida (CO2)
5.
6.
DO
≥ 5 mg/Liter
7.
BOD
8.
pH
7- 8
9.
Suhu
23°C -26°C
10.
Kecepatan Arus
50 Cm/dtk
11.
Kesadahan
80 -120 mg/ltr

 

 

3. Balai Benih Ikan Pantai
Dengan Luasnya potensi perairan Kabupaten Pasaman Barat membuat terciptanya banyak potensi perikanan Laut yang dapat dikembangkan, disamping Sistem keramba jaring apung di air bangis juga sangat baik dikembangkan penangkaran bibit ikan, pembesaran dari berbagai jenis komoditi ikan laut.
Karena kegiatan penangkapan ikan laut yang boleh dikatakan sudah over fishing maka perlu dikakukan usaha penciptakan bibit berbagai jenis ikan laut, pengembangan ini perlu diadakan 1 unit Balai Benih Ikan Pantai sebagai wadah penyediaan bibit-bibit ikan laut yang bermutu, sehat, dan bersaing di pasar lokal maupun intenational sebagai salah satu potensi andalan Kabupaten Pasaman Barat.
Pengembangan Balai Benih Ikan Pantai ini merupakan salah satu program strategi alih usaha bagi masyarakat Pasaman Barat Khususnya Nelayan yang melakukan usaha penangkapan ikan dilaut, dengan hasil penangpan yang semakin hari semakin menurun. Dengan BBIP dapat dijadikan sarana untuk alih usaha tersebut dan pendapatan masyarakat pasaman Barat semakin baik perekonomiannya.

 

Budidaya Ikan Air Payau
1. Pengembangan Tambak Ikan Bandeng
Budidaya ikan payau juga cocok dan potensi untuk di kembanghkan di kabupapaten Pasaman Barat karena Luasnya lokasi Perairan payau, salah satu komoditi yang cocok adalah ikan bandeng, ikan bandeng dapat dilakukan pengembangannya dibeberapa kecamatan di Pasaman Barat diantaranya Kecamatan Sei. Beremas, Kecamatan Koto Balingka, Kecamatan Sei. Aur, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie dan Kecamatan Kinali.
Ikan bandeng merupakan spesies ikan air payau yang sudah lama dikenal dimasyarakat indonesia dan sudah banyak yang melakukan kegiatan Budidayanya melalui sistem Tambak, tapi untuk di Kabupaten Pasaman Barat komoditi ini belum banyak dikenal karena belum pernah dilakukan pengembangan pembudidayanya oleh pemerintah daearah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan  maupun oleh masyarakat sehingga ikan bandeng boleh dikatakan sebagai komoditi baru untuk perikanan air payau.
Ikan bandeng dipilih sebagai satu komoditi yang baik untuk dikembangkan disebabkan karena spesies ini banyak keunggulannya yaitu antara lain dapat beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang mempunyai Pluktuasi kadar garam yang tinggi (euroholine), lebih tahan terhadap penyakit dan virus karena ikan bandeng cepat beradaptasi dengan lingkungan sehingga dapat mengurangi resiko kegagalan bagi pembudidaya. Selain itu ikan bandeng juga dapat diolah menjadi bermacam-macam produk olahan yaitu presto, surimi, sate, bandeng pepes, dan lain-lainl, hal ini juga disebabkan karena stabilny permintaaan pasar lokal terhadap ikan bandeng. Wilayah dan luasnya areal air payau yang sesuai  untuk pengembangan budidaya ikan bandeng membuat Kabupaten Pasaman Barat berpotensi untuk wilayah pengembangan.

 

Sumber: Pemda Pasaman Barat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: