Leave a comment

Potensi Limbah Sawit

Jenis dan Potensi Limbah Kelapa Sawit

Jenis limbah kelapa sawit pada generasi pertama adalah limbah padat yang terdiri dari Tandan Kosong, Pelepah, cangkang dan lain-lain, sedangkan limbah cair terjadi pada in house keeping. Limbah yang terjadi pada generasi pertama dapat dimanfaatkan dan akan menghasilkan limbah berikutnya. Potensi limbah jika dimanfaatkan  dengan baik akan akan mempunyai nilai ekonomi yang tidak sedikit. Salah satunya adalah potensi limbah dapat dimanfaatkan sebagai sumber unsur hara yang mampu menggantikan pupuk sintetis (Urea, TSP dan lain-lain).

Jenis

Potensi per Ton TBS (%)

Manfaat
Tandan Kosong 23,0 Pupuk kompos, pulp kertas, papan partikel, energi
Wet Decanter Solid 4,0 pupuk kompos, makanan ternak
Cangkang 6,5 Arang, karbon aktif, papan partikel
Serabut (Fiber) 13,0 Energi, pulp kertas, papan partikel
Limbah cair 50,0 Pupuk, air Irigasi
Air kondensat Air umpan broiler

Sumber : Tim PT. SP (2000)

Limbah padat Tandan Kosong (TKS) merupakan limbah padat yang jumlahnya cukup besar yaitu sekitar 6 juta ton  yang tercatat  pada tahun 2004, namun pemanfaatannya masih terbatas. Limbah tersebut selama ini dibakar dan sebagian ditebarkan di lapangan sebagai mulsa. Persentase tankos terhadap TBS sekitar 20% dan setiap Tankos mengandung unsur hara N, P, K, dan Mg berturut-turut setara dengan 3 Kg Urea; 0,6 Kg CIRP; 12 Kg MOP. dan 2 Kg Kieserit. Dengan demikian dari satu unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) kapasitas olah 30 ton TBS/jam atau 600 ton TBS /hari akan menghasilkan pupuk N, P, K, dan Mg berturut-turut setara dengan 360 Kg Urea, 72 Kg CIRP, 1.440 Kg MOP, dan 240 Kg Kiserit (Lubis dan Tobing, 1998).

Sedangkan limbah padat seperti cangkang dan serat sebesar 1,73 juta ton dan 3,73 ton. Dari hasil perhitungan untuk setiap hektar tanaman memberikan gambaran dan informasi untuk menentukan kelayakan daur ulang limbah sawit sebagai pupuk tanaman.

Satu hektar tanaman kelapa sawit menghasilkan pelepah daun dengan bobot kering 14,47 ton sekali dalam 30 tahun (peremajaan) da 10,40 ton dari pangkasan setahun. Produksi TBS setahun sekitar 20,08 Ton dengan bobot kering 10,59 ton dan tandan kosong 22% dari jumlah TBS yaitu 4,42 ton dengan bobot kering 1,55 ton.

 

Sumber Artikel:  Subdit Pengelolaan Lingkungan, Direktorat Pengolahan Hasil Pertanian Ditjen PPHP, Departemen Pertanian, Pedoman Pengelolaan Libah Industri Kelapa Sawit.(Jakarta; 2006)

Versi lengkapnya dapat di downlad di: deptan.go.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: